Melayat orang meninggal memberi kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain

Melayat orang meninggal bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Kita seperti masuk ke dalam dunia yang terkesan suram dan penuh kesedihan.

Disana sini akan terlihat anggota keluarga orang yang meninggal akan terlihat terisak-isak, menangis dan tidak jarang menjerit histeris karena tidak kuat menahan kesedihan di dalam hati mereka.

Yang berkunjung pun tidak jarang tak terasa hanyut dalam kesedihan dan hanya bisa tepekur memandang, tanpa bisa melakukan apa-apa.

Tidak menyenangkan. Melayat orang meninggal sama sekali tidak menyenangkan, sudah pasti setiap orang kalau bisa akan menghindari hal ini.

Sayangnya, hal itu tidak mungkin dilakukan. Meninggal adalah sebuah kepastian dan tidak akan bisa dihindarkan oleh setiap makhluk hidup. Kematian pada saatnya akan menjemput siapapun. Akan selalu saja ada orang yang tutup usia dimanapun kita berada.

Jangan diharap bahwa kita bisa terbebas dari melayat orang meninggal. Suatu waktu orang lain yang akan melaukannya terhadap kita.

Oleh karena itu, daripada mencoba menghindari dan mencari alasan untuk menghindarinya, lebih baik kita selalu bersiap untuk melakukannya.

Lagipula, melayat orang meninggal itu membawa kebaikan pada diri sendiri dan orang lain.

Kebaikan melayat orang meninggal bagi diri sendiri dan orang lain

1.  Mengingatkan diri sendiri tentang kematian

Seperti sudah disebutkan di atas, kematian akan datang pada setiap makhluk hidup. Dengan mendatangi rumah mereka yang meninggal, kita selalu bisa mengingatkan diri bahwa suatu waktu giliran kita pun akan tiba.

Dengan begitu kita akan terus terpacu untuk beribadah dan berbuat kebaikan yang lebih banyak di sisa hidup kita.

2. Memberikan support dan dukungan pada keluarga yang ditinggalkan

Kesedihan ditinggal oleh orang yang disayangi sudah pasti sedang dirasakan oleh keluarganya. Mereka seperti tenggelam dalam duka dan membuat suasana menjadi sangat suram. Kehilangan seseorang itu bisa membuat orang menjadi lemah dan kehilangan daya.

Kehadiran kita dapat setidaknya memberikan sedikit penghiburan dan dukungan terhadap mereka. Meskipun tidak banyak yang bisa kita lakukan, ucapan belasungkawa dan kedatangan kita bisa mengingatkan mereka bahwa banyak orang yang memperhatikan dan peduli.

Sesuatu yang sangat berharga di kala seorang ditimpa musibah.

3. Mempererat silaturahmi 

Aneh memang, tetapi itulah sebuah kenyataan di masyarakat dewasa ini. Mereka jarang sekali berinteraksi dengan tetangga lain dalam keseharian. Seringkali komunikasi antar anggota masyarakat hanya dilakukan dalam acara-acara tertentu.

Melayat orang meninggal bisa menjadi ajang kita untuk bertemu dengan mereka-mereka yang terkadang susah sekali untuk ditemui. Di saat seperti ini, silaturahmi antar anggota masyarakat bisa menjadi lebih erat karena mau tidak mau kita akan sama-sama membantu atau menemani keluarga yang ditinggalkan.

4. Belajar

Orang kalau belajar tentang cara memakai gadget baru tanpa diminta pun mereka akan bersemangat melakukannya. Kontras sekali ketika mereka diminta untuk belajar mengurus jenazah, berbagai alasan sering keluar dari mulut.

Padahal ilmu tentang cara mengurus jenazah adalah sebuah ilmu yang sangat berguna. Dengan mengetahuinya kita bisa menunaikan kewajiban kita sebagai makhluk hidup untuk mengurus mereka yang wafat.

Ketika melayat orang meninggal, tidak jarang kita seperti diberikan sebuah kesempatan untuk mempelajari bagaimana selayaknya mengurus jenazah. Suatu waktu kita akan memerlukannya karena mau tidak mau, kematian akan mendatangi kita dan keluarga.

Bisa saja kita dihadapkan pada situasi dimana yang meninggal itu adalah orang-orang terdekat kita.

5. Menunaikan kewajiban

Dalam agama Islam, seorang yang meninggal memiliki 4 hak yang harus dipenuhi oleh mereka yang hidup, yaitu memandikan, mengkafani, menyolatkan, dan menguburkan.

Kalau hal ini tidak dilakukan oleh satu orang pun yang hidup, maka berdosalah seluruh masyarakat. Dengan melayat orang meninggal, kita akan mendapatkan kesempatan untuk membantu memenuhi hak dari yang meninggal. Pada saat bersamaan maka tunai sudahlah tugas kita sebagai manusia yang masih hidup.

Berbicara tentang orang yang meninggal rasanya memang tidak menyenangkan. Nuansanya menjadi terasa suram dan sedih, tetapi jangan biarkan hal itu mempengaruhi Anda. Terimalah kenyataan bahwa kita adalah manusia dan suatu waktu kita akan meninggalkan dunia yang fana ini.

Beberapa kebaikan dari melayat orang meninggal ini untuk membantu kita semua melihat sisi lain dari suatu hal yang tidak akan terasa menyenangkan ketika melakukannya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon